Senin, 11 Maret 2013

PENGENALAN ROBOTIKA



PENGENALAN ROBOT



Rekan-rekan pasti telah mengenal istilah robot?? Robot sering sekali di jadikan tema utama dalam film-film Hollywood, Semua mungkin tahu robot transformer, RoboCOP, wall-E, DoraEMON, ataupun astroBOY. Robot menjadi trend, kemungkinan karena robot adalah perwujudan dari teknologi futuristic yang paling canggih.


Gambar 1. Wall-E robot yang bisa jatuh cinta



Robot menurut kamus bahasa, berasal dari kata robota yang artinya pekerja. Sehingga robot dapat didefinisikan sebagai sebuah alat mekanik yang dapat bekerja secara terus menerus untuk membantu pekerjaan manusia, yang dalam menjalankan tugasnya dapat dikontrol langsung oleh manusia ataupun bekerja secara otomatis sesuai program yang telah ditanamkan pada chip kontroler robot.


Perkembangan Dunia Robot

Sejarah robotika berawal pada abad pertengahan di timur tengah, seorang insinyur jenius bernama Al Jazzari membuat berbagai mesin otomatis yang dikemudian hari dikenal sebagai robot. Beliau membuat jam gajah yang dapat bekerja secara otomatis, dan merupakan jam pertama di dunia, beliau juga membuat robot humanoid pertama yang dapat bermain musik. karya-karyanya terabadikan dalam salah satu bukunya:

Al Jazari, The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices: Kitáb ma'rifat al-hiyal al-handasiyya, Springer, 1973 edition.


Gambar 2. Jam gajah otomatis karya Al Jazzari


Trend perkembangan dunia robot, tidak hanya ada pada angan-angan pembuat film Hollywood, Tetapi merupakan hasil nyata dari kerja panjang para peneliti dan teknokrat yang bergelut di bidang otomasi dan kecerdasan buatan. Perkembangan dunia robot salah satunya dapat terlihat dari perkembangan robot ASIMO milik Honda yang telah menghabiskan waktu riset selama 20 tahun.

Gambar 3. Perkembangan ASIMO


Kecerdasan Buatan

Mungkinkah robot akan dapat berfikir dan dapat berinteraksi dengan manusia. Wahhh,,,itu sudah terjadi, meski masih sangat sederhana. KISMET adalah robot social pertama yang dapat berinteraksi dengan manusia. KISMET adalah robot buatan Dr. Cynthia Breazeal yang merupakan salah satu ilmuwan robot wanita di Dunia. Beliau bekerja di lab kecerdasan buatan MIT.





Gambar 4. Interaksi KISMET dan Dr. Cynthia Breazeal



Saat ini, dunia robotika terus berkembang, bukan hanya robot humanoid, robot berkembang dalam berbagai kondisi dan kebutuhan manusia, seperti terlihat pada ilustrasi berikut.






Gambar 5. Bidang-bidang robotika



Berikut adalah kurikulum umum keilmuan bidang robotika yang dipelajari Bolabot Techno Robotic Institute (www.bolabot.com)


 Gambar 6. Bidang-bidang sistem robotika

Secara umum robot terdiri dari tiga bagian utama yaitu mekanik, elektronik, dan pemrograman/kontrol. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar